Senin, 21 Januari 2013

Al-Habib Salim Asy-Syathiri Berbincang Kuliner Tertua



Al-Habib Salim Asy-Syathiri Berbincang Kuliner Tertua


Jika Anda bertanya, “Kuliner apakah yang tertua saat ini?” Jawabnya tentu satu, yaitu: roti/khubz.

Kenapa harus roti? Itulah pertanyaan yang aku tanyakan kepada al-Habib Salim bin Abdullah asy-Syathiri di Halaqoh Fathal Mu'iin di Rubath Tarim, dan beliau menjawab dengan beberapa hal keutamaan roti:
·         Roti/khubz adalah satu-satunya kuliner tertua di dunia, sebagaimana disebutkan bahwa Nabi Adam adalah seorang petani, waktunya dibagi menjadi empat; satu waktu menanam, satu waktu merawat, satu waktu memanen, dan satu waktu mengolahnya menjadi makanan, dan makanan itu adalah roti.
·         Roti adalah makanan pokok pada zaman Rasulullah Saw.
·         Dalam sebuah hadits disebutkan: "Berkahnya makanan dengan banyaknya tangan". Banyak tangan di sini memiliki dua arti, pertama banyak tangan dalam nampan, dan kedua banyak tangan dalam pembuatannya, dan roti adalah makanan yang paling banyak dalam prosesnya (petani - tukang selep - tukang tepung - tukang roti - penjual roti).
·         Roti adalah makanan yang diolah secara sehat, dengan bahan sehat, tanpa proses kimiawi.
·         Satu-satunya makanan yang disebut-sebut dalam kitab suci beragama adalah roti, sebagaimana injil mengajarkan doa-doa bagi orang Nasrani: "Tuhan jangan pernah melupakan roti kami di hari ini".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar